INILAH ATMOSFER DUNIAKU
SILAKAN HEMBUSKAN ATMOSFER DUNIAMU
TINGGALKAN JEJAK DAN KOMENTAR
AGAR AKU DAPAT BERKUNJUNG KE DUNIAMU

Minggu, 21 Desember 2008

Apa Kabar Maskot Kota Palangkaraya...???

Hampir di setiap daerah di Indonesia, memiliki maskot sebagai sebuah identitas spesifik bagi daerah tersebut. Identitas tersebut, biasanya diadopsi dari unsur-unsur geografis, kekayaan sumberdaya alam, maupun sosio-historis-kultural daerah setempat. Contohnya, Tugu Khatulistiwa yang merupakan identitas spesifik Propinsi Kalimantan Barat atau Jam Gadang di Padang, Propinsi Sumatera Barat. Bagaimana dengan Kota Palangkaraya...??? Ada yang tau tentang Maskot Kota Palangkaraya...???

Anggrek Buntut Tikus (Paraphalaenopsis laycockii) dan Ikan Kankari (Botia macracanthus), adalah 2 species yang berasal dari unsur kekayaan sumberdaya alam bumi Kalimantan yang terpilih sebagai Maskot Kota Palangkaraya. Status kedua spesies tersebut telah ditetapkan melalui (kalo ga salah ingat, tolong bantu tambahin infonya yaaa...) Surat Keputusan Menteri Negara Lingkingan Hidup sebagai flora dan fauna maskot daerah di Indonesia. Namun sayang, masih banyak masyarakat kota Palangkaraya yang belum mengetahui maskot kotanya sendiri.

Buat pembaca yang belum pernah melihat bentuk dan rupa kedua spesies ini, silakan pelototin penampakannya di bawah ini dan ucapkan dalam hati Anda "Apa kabar maskot kota Palangkaraya...???






Anggrek Buntut Tikus (Paraphalaenopsis laycockii), termasuk jenis flora yang tergolong langka dan tercantum dalam CITES Appendix II dengan status "Trade controlled to avoid use incompatable with species survival" (artiin sendiri yaaaahhh...hehehe...). Tumbuhan yang memiliki batang sepanjang 5 cm dan berdaun sedikit ini, memiliki bentuk daun menyerupai ekor tikus dengan diameter 1cm dan panjang bisa mencapai 1 meter.

Maskot kita yang kedua, yaitu Ikan Kankari (Botia macracanthus), merupakan salah satu jenis ikan yang dilindungi dan dilarang keluar dari Negara Indonesia (SK Mentan No. 179/Kpts/Um/3/1982) karena kelangkaannya (ssssttt... ikan ini ga bakalan dapat passport maupun visa jalan-jalan ke luar negeri, hehehe...).

Kini, untuk sebuah identitas spesifik Kota Palangkaraya, kira-kira apa yang bisa kita perbuat untuk kedua Maskot kita ini yaaaa...???
MyFreeCopyright.com Registered & Protected

16 comments:

Pertamax....

Kini, untuk sebuah identitas spesifik Kota Palangkaraya, kira-kira apa yang bisa kita perbuat untuk kedua Maskot kita ini yaaaa...???

Dibudidayakan, dijual trus dijadikan proyek aja... huahuhuahuahuahua

Btw cantik posting-nya... NIce banget... lumayan menyejukkan mata yang blogging tengah malam :)

Seeeppp... Mannnttttabbbbbb

Kelupaan.... Copyright tu Jenk Fotonya... Arsip pribadi kan??? hehehehe... ogud tau

@Hafiz:
thx dah mampir dingsanak ai...
Btw, wkt 50thn kota palangkaraya, P'Teras Narang statement mo jadikan palangkaraya kota anggrek, ujaaaaaaaarrrr...
Ada peluang tu kita budidaya anggrek, bikin Taman Wisata Anggrek, jualan, truz kaya rayaaaaaa...

Ampun dah... Saya yang lahir dan besar selama 17 tahun di Palangkaraya malahan nggak tau apa-apa tentang kedua maskot ini...

Harus lebih banyak belajar lagi kayaknya. Mumpung sekarang lagi mudik Natal di P. Raya...

MAAF... MAAF... BUKANNYA LUPA, BELOM TAU CARA BIKIN LINK-nya...Foto2 bunga dan ikan tu bisa diliat di :

Foto 1 lihat di http://www.orchidweb.com/detail.aspx?ID=952

Foto 2 & 3 lihat di http://www.flickr.com/photos/70292719@N00/692309216/in/photostream/

Huuu..huuu..huuu.. Dew BlogOsphere, maaf...maaf... Foto 4 lupa sapa tukang potretx, please...lihat az ndiri di http://www.flickr.com/search/?s=int&q=botia+macracanthus&m=text yaaa...

Ooowww.... kirain punya pribadi... hehehe... sorry..sorry...

"Btw, wkt 50thn kota palangkaraya, P'Teras Narang statement mo jadikan palangkaraya kota anggrek" ----> ntar kita tagih aja siapa tau bisa ikutan dapet modal bisnis budidaya anggrek... huahuahuahuahua

Jadi ingat gawian kita nang kada tuntung dinsanak ae :D

saya baru tau kalo ini maskot kota palangka raya

di lewu saya banyak anggrek liar tapi dia uluh katawa narai guna..... wkwkwkkwkwkwk

ohhhhh ini toh maskotnya.... maklum bukan orang kalteng....... dari bandung nyasar ke blog ini mbak.

Silakan tinggalkan jejakmu disini