INILAH ATMOSFER DUNIAKU
SILAKAN HEMBUSKAN ATMOSFER DUNIAMU
TINGGALKAN JEJAK DAN KOMENTAR
AGAR AKU DAPAT BERKUNJUNG KE DUNIAMU

Selasa, 23 Desember 2008

Datu Kalampaian Ulama Para Ulama

Seorang ulama besar yang lahir di Kalimantan Selatan. Konon pada beliaulah malam seribu bulan pernah diturunkan-Nya. Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari,nama beliau. Sempat menjadi guru besar di Mekkah dimana beliau sempat mendalami Islam. Sampai sekarang pun juriat keturunan beliau banyak yang menjadi guru/ulama.

Makam ulama agung dunia, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau lebih dikenal dengan sebutan Datu Kalampaian, merupakan destinasi wisata religius yang banyak dikunjungi orang. Saban harinya, tak kurang dari 1000 orang yang ke sini. Malah, bila hari Minggu, paling tidak 3000 orang berziarah ke makam ini.

Syekh Muhammad Arsyad hidup di tahun 1122 – 1227 Hijriah atau 1710 – 1812 Masehi. Ia termashyur dengan kitab besar Sabilal Muhtadin yang dipakai di banyak negara di Asia, dan sebagian Timur Tengah. Nama kitabnya diabadikan untuk menamai masjid besar Kalsel di Banjarmasin, Sabilal Muhtadin. Selain itu, warisan intelektualnya, masih sangat banyak dan masih bisa kita baca hingga sekarang. Termasuk juga warisan karyanya berupa Quran tulisan tangan seukuran koran dan puluhan kitab lainnya yang tersimpan di Dalam Pagar di kediaman KH Irsyad Zein.

Para peziarah tak hanya datang dari Kalsel saja, namun dari seluruh Indonesia, Asia Tenggara dan tentu saja Timur Tengah. Saban haulnya pada 6 Syawal, tak kurang 15 ribu umat Islam mengikuti haul dengan tertib. Perlu diketahui, membuminya Islam di Kalimantan dan mengakarnya pemerintahan Islam di Kerajaan Banjar dengan munculnya UU Sultan Adam Al Watsiq Billah tahun 1825 tak lepas dari keberhasilan dan kaderisasi dakwah ulama yang selama 30 tahun menimba ilmu di Mekkah ini. Dari Martapura, anda hanya membutuhkan waktu 22 menit untuk sampai ke makam Datu Kalampaian di Astambul.

Original posted by : ie'amnotsuperman

8 comments:

bisa gak ya,makam kita di doakan seperti makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari ini....

@duCkY: :-/ bisa ga yaa...? Bisaaaaa..!!!;;) tinggal pilih mo pake passport yg mana :D :
1. fresh do'a dari anak yg shaleh.
2. hidden do'a dari amal jariah.
ato
3. bonus do'a dari ukhuwah islamiyah dan buah dari tali silaturahim sahabat dan kerabat
coz innaaddinnaa indallahil islam...!!!
thx dah koment cuyyy...:-*

Sayang Banar Makan Ngini Sudah Dinodai Bubuhan Gembel... Talalu Banyak :(

Info yang bagus, generasi kita banyak yg tidak tau (termasuk saya) bahwa ada Ulama besar Dunia yg berasal dari Indonesia..

Silakan tinggalkan jejakmu disini