INILAH ATMOSFER DUNIAKU
SILAKAN HEMBUSKAN ATMOSFER DUNIAMU
TINGGALKAN JEJAK DAN KOMENTAR
AGAR AKU DAPAT BERKUNJUNG KE DUNIAMU

Senin, 22 Agustus 2011

Copy Paste NO, Sharing YES...!!!


Bagi saya sebagai seorang blogger pemula, menulis artikel terkadang merupakan hal yang cukup memusingkan. Bukan hanya dari sisi memilih tema, merangkai kata, dan menjalin informasi, tetapi juga dari sisi teknis kemasan penulisannya agar terlihat rapi dan menarik untuk dibaca.

Untuk menghasilkan satu tulisan saja kadang-kadang saya harus "gentayangan" alias blogwalking ke padeblogan para master, untuk mencari tau bagaimana cara mengemas artikel yang ingin saya postingkan. Seperti artikel saya yang ini, untuk membuat spoilernya saya numpang ngelmu disini.

Ada kepuasan tersendiri bagi saya ketika berhasil menerapkan ilmu yang saya dapat dari padeblogan para master. Sumringah tak tertahankan ketika artikel yang susah payah dikemas tampil di blog sesuai dengan kemasan yang diinginkan. Tararengkiyuuuuu master...!!!

Dan ketika gentayangan lagi, tiba-tiba saya menemukan artikel yang susah payah saya tulis terpampang "full version" di blog orang lain tanpa sedikitpun mencantumkan link blog saya sebagai sumbernya.

Ada perasaan bingung, ketika membaca kalimat demi kalimat yang sama persis dengan apa yang saya tuliskan di blog saya. Ini bukan kloning otak khan...???

Ada perasaan kesal, ketika mata naik turun mengikuti arah mouse scrolling dan tidak menemukan satu pun petunjuk yang menjelaskan bahwa tulisan tersebut berasal dari saya dan telah lebih dulu dipostingkan di blog saya.

Memang, jurus Copy Paste atau COPAS cukup sulit untuk dilawan. Terbukti dengan begitu banyaknya blog-blog yang menerapkan ilmu Copy Paste untuk mengisi kekosongan ide di otak pemiliknya. Namun bukan berarti kita membiarkan ide dan tulisan kita di Copy Paste begitu saja khan...???

Setelah gentayangan lagi ke padeblogan para master, akhirnya saya menemukan trik menarik untuk menghadapi jurus Copy Paste. Trik ini bukan untuk membunuh si oknum Copy Paste, tetapi hanya untuk mengingatkan agar mencantumkan link sumber aslinya.

Caranya cukup mudah, hanya dengan memasukkan script berikut di bawah kode <head> pada rancangan template blog Anda.

Ini Scriptnya

<script type='text/javascript'>
function addLink() {
    var body_element = document.getElementsByTagName('body')[0];
    var selection;
    selection = window.getSelection();
    var pagelink = "<br/><br/> Read more at: <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>Copyright  Fachrulakberr.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution"; // change this if you want
    var copytext = selection + pagelink;
    var newdiv = document.createElement('div');
    newdiv.style.position='absolute';
    newdiv.style.left='-99999px';
    body_element.appendChild(newdiv);
    newdiv.innerHTML = copytext;
    selection.selectAllChildren(newdiv);
    window.setTimeout(function() {
        body_element.removeChild(newdiv);
    },0);
}document.oncopy = addLink;
</script>

Jangan lupa mengisikan nama blog Anda pada bagian Copyright  Fachrulakberr.blogspot.com

Setelah rancangan template Anda simpan, cobalah untuk mengcopy artikel di blog  Anda sendiri. Hasilnya kurang lebih seperti ini :
Berikut ini adalah jurus pembunuh virus Ramnit yang aku praktekkan di komputerku dan BERHASIL...!!!

Sumber Asli : http://dunialain-laindunia.blogspot.com/2011/08/menghapus-virus-ramnit-copy-of-shortcut.html
Copyright dunialain-laindunia.blogspot.com | COPY-PASTE BOLEH ASALKAN MENCANTUMKAN LINK SUMBER ASLINYA ~ COPY PASTE NO, SHARING YES

Dengan script ini, paling tidak kita tetap berusaha mengingatkan oknum copy paste dengan pesan supaya mencantumkan link sumber aslinya. Selebihnya, kembali ke pribadi orang tersebut, apakah merasa bangga dan hebat bila memuat artikel hasil jarahan copy paste di blognya sendiri, tergantung dari besar kecilnya "ke-malu-an" orang tersebut.

Copy Paste NO, Sharing YES...!!!

Semoga bermanfaat...

Thank's to :



MyFreeCopyright.com Registered & Protected

3 comments:

menarik juga bos...
pengen nyoba..hehe

Kadang kita emang jengkel kalau artikel yang kita buat dengan susah payah ternyata di copas oleh orang lain

Silakan tinggalkan jejakmu disini