INILAH ATMOSFER DUNIAKU
SILAKAN HEMBUSKAN ATMOSFER DUNIAMU
TINGGALKAN JEJAK DAN KOMENTAR
AGAR AKU DAPAT BERKUNJUNG KE DUNIAMU

Rabu, 07 Januari 2009

Inspiring Posting from dUckY

Pengalaman blogwalking ke tempat temanku yang satu ini benar-benar membuatku berfikir dan merenung, terdiam dalam keheningan malam, mencoba mengurai helai demi helai benang merah, yang terjalin kusut dalam simpul syaraf otakku.

"Fenomena Adzan" adalah judul dari salah satu postingan dUckY yang menarik perhatianku. Tak banyak yang ditulis dUckY dalam postingannya. Hanya kalimat penghantar dan sebuah video berdurasi 4' 29" dari YouTube.

Meskipun kupingku agak kurang nyaman dengan dialek naratornya, namun visualisasi "Fenomena Adzan" dalam bentuk animasi ini, benar-benar membuatku tersadar bahwa selama 24 jam bumi ber-rotasi, maka selama itu pulalah kumandang adzan "menyelimuti" permukaan bumi.

Entah mengapa, postingan dUckY itu terus membayangi pikiranku, dan mengingatkanku pada ceramah seorang ustadz, yang mengatakan bahwa "selama masih ada orang yang mengumandangkan adzan di muka bumi ini, maka Allah SWT akan menunda untuk menurunkan kiamat kepada umat-Nya".

Visualisasi "Fenomena Adzan" dan ucapan ustadz itu, menjadi sebuah bahan perenungan buatku, dan semoga saja, tafakkur-ku tidak dibisiki oleh syeitan yang terkutuk. Amiiiin...

Sehelai benang merahpun perlahan terurai di depan "matahati"ku...

Kumandang adzan, bagi umat muslim merupakan sebuah tanda peringatan, alarm, warning code, bahwa waktunya untuk mengerjakan shalat telah tiba. Sedangkan shalat adalah salah satu ibadah, yang apabila dilaksanakan dengan benar, akan menjadi sebuah tiang atau pilar penyokong tegaknya iman dan islam. Shalat juga dikatakan sebagai ibadah yang dapat membina mental dan akhlak bagi seorang muslim agar tidak melakukan perbuatan keji dan munkar.

Sampai disini, akupun kemudian berfikir dan mengambil sehelai benang merah yang lain...

Menurutku, salah satu perbuatan keji dan munkar adalah merusak lingkungan dan tidak bijak mengelola sumberdaya alam ciptaan Allah SWT. Akibatnya dari perbuatan keji dan munkar ini timbullah bencana alam, banjir, tanah longsor, kekeringan, kabut asap, global warming, de-el-el, de-es-be. Bencana ini, menurutku merupakan "kiamat buatan manusia".

Dalam ajaran agama Islam, diyakini bahwa segala sesuatu di dunia ini, telah ditetapkan qada' dan qadarnya oleh Allah SWT. Segala sesuatu itu, telah ditetapkan dengan hukum ketetapan dan dosis/takarannya masing-masing.

Nah, perbuatan keji dan munkar terhadap lingkungan dan sumberdaya alam yang aku maksudkan tadi, adalah salah satu pelanggaran terhadap hukum ketetapan dan dosis/takaran yang telah ditentukan oleh Allah. Pemanfaatan sumberdaya alam, seperti penebangan hutan dan pertambangan misalnya, apabila dilakukan melebihi hukum ketetapan dan dosis/takaran (qada' dan qadar), atau dalam bahasa ilmiahnya Daya Dukung Lingkungan, maka akan memberikan dampak yang merugikan bagi umat manusia, sebuah "kiamat" berupa bencana alam yang mampu meluluhlantakkan kehidupan.

Sekarang, dua helai benang merah telah terjalin menjadi satu di depan "matahati"ku...

Kumandang adzan- ibadah shalat - ahlak yang baik - tidak merusak lingkungan - kiamat buatan manusia tertunda.

Wallahu'alam...
MyFreeCopyright.com Registered & Protected

24 comments:

tulisanmu bikin merinding ccuuuyyyyy.....

hidup damai di bumi
di dalam rahmat Allah SWT

:D jd inget,w lom sholat isya nich.....
w sholat dulu yach....heheheheheeee
^_^

@sundesign: :(( cuuyyy..ne bukan cerita horooooorrrrr.. mksudx mrinding..???:|

@attayaya: amiiin..coz islam is rahmatan lil 'alamin...:)

@pu3niezz: dah adzan blom..??:D

jahhhhh...... emank pantes ni blog dunia lain...

@manusia biasa: xixixiiii...:)) ati2 keluarx dr sini boz.. awas jidat kepentok banner bidvertiser di atas.. ntar susah lg qt2 blogger pemula mo numpunk ngelmu ma manusia biasa lo jidatx benjoll..coz ilmux khan ditempelin dijidaaaaattthh =)) thx cuyyy..peace...!!!

@jide_black: daftar korban dunia lain : 1 org merinding, 1 org bergidik..:D thx cuyyy...

Laksamana Cheng Ho.. dapet inspirasi dibawah pohon mana ? :)) Tapi jujur bagus banget koq :)

segala kerosakan di muka bumi adalah di sebabkan oleh kerosakan manusia itu sendiri

emo tu apaan sist?? halah tu libido siang yng mningkat ja!! hee

@Anto: cuyyy..yg pasti bukan di bwh pohon jengkol..=))

@Ir.hydir:bener banget cuyyy...;)

@jide-theater: xixixiii..:D nti q cari inspirasi lg ttg eMo..:))

thx cuyyys.. u comment i follow...!!!

chenk...sumpah... bergidik nih! tanpa menggurui tapi TEPAT n TELAK banget postinganmu.
alhamdulillah semoga Allah selalu menurunkan hidayah-Nya buat kita, kemudahan di dunia juga di akhirat...
waa bisa jd ustad!

tepat sekali!
seperti yg sudah diberitahu guru Fisika waktu aku SMA, "kalian tau gak? 24 jam bumi ini di-adzan-in lho." subhanallah...

yes u right ZANA, u can see the video HERE:)

@duCkY: daftar korban dunia lain nambah lagi ne : 1 org merinding, 2 org bergidik.. :D thx cuyyy.. amiiin..moga2 mlalui blogging kt smua bs mndptkn hidayah dr allah swt..:-* jd ustadz..? :D bisa azzaaaahhh..;))

@Zana: thx yyy cuyyy..:-* slm bwt guru fisika naaa.. :D jngn lupa maen2 k t4x dUckY jg cuyyy, banyak info bagus lho dsna..:)

hoi urang nya apa khabar.....ngapa kada datang lagi...

@mahen: hoooooiiii juaaaaa.. baek2 ja dingsanak ai.. maaf, blm smpt baelang lg olehx pusing beresn blog ne punk barat banar buritx... :)) Yuza munketu kn ai belang lg.. :D jgn jara laaah...:)

@www.sampara.com: hi.., thx to you too.. :)

Hancur..hancur...duniaku... Duniaku hancur!!! parah dinsanak ae.. rancak kada ingat sembahyang :D

subhanallah maha besar Allah :), semoga aku menjadi manusia yang lebih baik :)

blog yang bagus...
thangs boat isinya ini...
saling mengingatkan penting!!
THANG'S A LOT.

Silakan tinggalkan jejakmu disini